Wednesday, September 18, 2013

Business Plan "ChuChol" Churros Chocol


Pendahuluan
Bisnis yang saya rencanakan adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang target sasaran pasarnya adalah masyarakat yang sibuk atas kegiatan sehari-harinya, yang sering sekali tidak mempunyai waktu untuk menyempatkan untuk hanya sekedar sarapan maupun makan siang di sela-sela kesibukannya, masalah tersebut sering sekali di alami oleh para pekerja kantoran dan juga terutama para mahasiswa dan pelajar, hal tersebut memberikan saya satu ide bisnis yang yang bergerak di bidang kuliner tersebut, karena bisnis di bidang kuliner merupakan bidang yang sangat fleksibel.
Churros adalah makanan kudapan khas warga spanyol yang biasanya dijajakan oleh penjual kaki lima disana, kudapan churros tersebut di negara asalnya sangat terkenal dari jaman dulu, makanan yang dinegara asalnya dijual dengan gerobak dan penjualnya biasanya sudah berumur 40-50 tahunan ini sangat digemari dan menjadi makanan kudapan yang sering di cari oleh para mahasiswa yang sangat sibuk dalam kegiatannya dan menjadi pengganjal perut sebelum waktu makan siang tiba.
Bisnis tersebut saya namakan “ChurChol”, churros yang nantinya dapat dinikmati dengan saus toping yang dinikmati dengan di cocol, Churros ini masih bisnis home industry tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menjadi sebuah bisnis yang lebih besar dan maju kelak. Sebab, prospek untuk bisnis ini cukup bagus dan terus berkembang. Dan selain target sasaran pasar yang difokuskan kepada para pekerja kantoran maupun mahasiswa dan pelajar, Churros juga dapat dikonsumsi oleh para pencinta kuliner yang ada di wilayah bandung khususnya.

Visi
·          Mengenalkan makanan kudapan tradisional warga spanyol tersebut kepada masyarakat Indonesia terutama kepada masyarakat di Bandung khususnya.
·          Meningkatkan market share dan jumlah konsumen yang didapat dari berwirausaha.
·          Menjadikan Churros sebagai makanan kudapan yang dapat diterima dan dikonsumsi bagi masyarakat di indonesia terutama di daerah bandung.

Misi
·          Memberikan pelayanan kepada pelanggang, baik melalui rasa maupun terhadap pelayanan yang kami berikan.
·          Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun tempat yang nyaman.


Aspek Pemasaran
Gambaran Umum Pasar
Bila dilihat dari menurut aspek pemasaran, gambaran bisnis makanan kudapan ChurChol ini dibagi menjadi tiga strategi, yaitu menurut Segmentasinya, Target pasarnya, dan juga Posisi pasarnya.
·          Segmentasi Pasar
Bila dilihat dari segmentasi pasarnya, usaha kudapan ChurChol ini dapat dimasukkan kedalam pengelompokan pasar bagi kalangan menengah dan menengah ke atas yang mempunyai banyak kesibukan dan tidak ada waktu hanya untuk sekedar sarapan, dan juga bagi para pencinta kuliner yang senang mencari makanan-makanan yang enak dan juga unik, dan saya akan memfokuskan untuk masyarakat di daerah bandung terutama bagi kalangan remaja bandung.
·          Target Pasar
Sasaran atau target pasar yang akan saya fokuskan adalah kepada para pekerja kantoran serta khususnya kepada mahasiswa dan juga para pelajar di kota bandung.
·          Posisi Pasar
Untuk posisi pasarnya, saya mengharapkan dapat menjadikan usaha ChurChol sebagai pemimpin pasar karena dengan peluang yang kami punya yaitu loose competitors atau kompetitor yang masih sedikit dapat membantu kami dalam memimpin pasar serta meramaikan pasar kuliner di wilayah kota Bandung umum nya seluruh Indonesia.


Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Strategi saya yang dilakukan berdasarkan analisis 7P yaitu:
·          Product
Karena produk saya adalah makanan kudapan yang siap saji, jadi saya akan lebih mengutamakan makanan yang steril dan dengan bahan-bahan yang berkualitas, bila dari kemasan saya akan memakai tempat makanan yang sangat ramah lingkungan, maksudnya saya akan meminimalkan penggunaan plastik/kresek, dari segi ukurannya saya akan bagi ukurannya menjadi dua bagian ukuran Churros, bila Churros yang ukurannya besar, topping nya akan saya isi di bagian dalam juga, bila ukuran kecil, topping nya akan ada terpisah yang dapat dinikmati dengan di cocol.
·          Price
Dari harganya saya akan mematok harga yang relatif ekonomis, untuk Churros dengan ukuran besar akan saya berikan harga Rp.6000/psc dan untuk yang ukuran kecil akan saya berikan harga Rp.1500/pcs, semua sudah termasuk dengan saus.
·          Promotion
Promosi yang akan saya gunakan untuk menarik pelanggan pada saat pertama kali membuka usaha yaitu dengan membuka stand/booth di expo-expo kampus, acara-acara sekolah, atau acara foodfest, lalu jika sudah ada perkembangan dalam segi pembelian, pemasaran akan dilakukan lewat media Internet seperti Twitter, Facebook dan juga kami akan membuat Website resmi kami sendiri.

·          Placement
Pada penempatan tempat usahanya, saya akan memulai menempatkan tempat bisnis pada booth-booth kecil yang di acara-acara selanjutnya saya akan membuat tempat permanent nya di daerah Jln Dipatiukur bandung
·          People
Tenaga kerja yang ada di tempat booth ChurChol pada awalnya terdiri dari empat orang, yang mka terdiri dari orang-orang yang sudah mahir membuat Churros yang resep nya telah saya peroleh dari juru pastry yang mahir membuat Churros
·          Process
Untuk masalah proses nya, tema booth kami nanti adalah open kitchen, jadi para pengunjung dapat malihat secara langsung proses pembuatan Churros tersebut jadi para pengunjung dapat memesan Churros yang mereka pesan secara langsung dan langsung kami buat kan untuk pengunjung, jadi secara tidak langsung para pengunjung dengan sendirinya dapat menilai proses dan produk kami.
·        Physical Evidence
Kami akan mengutamakan pelayanan kepada pelanggan karena itu hal yang terpenting, karena pelayanan lah para pengunjung dapat menjadi loyal kepada kita, selain itu kebersihan booth akan mempengaruhi pelanggan yang datang, jadi dua hal itu adalah yang utama disamping produk yang baik untuk mempengaruhi loyalitas para pengunjung.


Aspek Organisasi Dan Manajemen
Aspek Organisasi                  
Nama Usaha                          : “De ChurChol”
Nama Pemilik                       : Satriyo Pinandito Nirwanto Putro
Alamat Tempat Usaha           : Jln Cikutra 204 A Bandung
Struktur Organisasi                : Terdiri dari satu pemilik booth yang juga bertindak dalam melayani konsumen, mempunyai 3 karyawan yang bekerja menyiapkan produk dari mulai pembelian bahan baku, pembuatan adonan, proses pembuatan Churros, sampai menghidangkan kepada konsumen.


Struktur Organisasi
 











Perijinan
Untuk masalah perijinan, karena toko atau tempat usaha kami masih belum berbadan hukum jadi kami tidak perlu memakai ijin prinsip dari instansi terkait, SITU (Surat Ijin Tempat Usaha), TDP (tanda Daftar Perusahaan), Akta Pendirian Perusahaan, dll. Jadi kami hanya memakai surat ijin dari masyarakat dan juga dari RT dan RW setempat dan juga meminta ijin kepada pihak kampus Universitas Widyatama, dan perijinan lainnya kami akan meminta ijin sesuai dengan prosedur yang ada di wilayah usaha di Universitas Widyatama.



Aspek Produksi
Produk
a.        Dimensi Produk
Produk yang saya canangkan adalah produk makanan atau kudapan yang enak sekaligus dapat berfungsi sebagai makanan camilan penahan rasa lapar, produk saya ini di bagi menjadi 2 ukuran dan mempunyai 3 aneka rasa untuk pertama kali keluar, dalam segi ukuran kami membagi menjadi Churros dengan ukuran besar yang kami patok harganya Rp.6000,-/pcs dan dengan 3 rasa yaitu rasa topping Chocolate coffee, Ginger Cinnamons, dan Melting Chess, ketiga topping tersebut kami isi kedalam Churros tersebut, dan khusus untuk ukuran kecil kami menaburkan sugar powder di atas Churros tersebut dan dan kami berikan topping 3 rasa tersebut terpisah, sehingga pelanggan dapat menikmatinya dengan di cocol.
b.       Nilai / Manfaat Produk
Manfaat yang inti dari produk Churros ini selain sebagai makanan penunda lapar, atau makanan pengganjal perut, Churros juga memiliki komposisi yang hemat kalori, jadi bagi masyarakat yang peduli sekali terhadap kesehatannya jangan takut dengan komposisi yang terkandung di dalam kudapan Churros ini, selain itu di dalam adonan Churros tersebut dicampur dengan ubi ungu yang kadar karbohidratnya tidak terlalu tinggi tetapi dapat dengan cepat membuat kita merasa kenyang, jadi “de ChurChol” ini bukan hanya sekedar kudapan semata, kudapan ChurChol sangat sehat untuk di konsumsi dan banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya.



Proses Produksi
Cara Membuat “ChurChol”
Cara membuat Churros sangat mudah, pertama untu membuat 10 batang Churros yang berukuran kecil dengan panjang 10cm adalah :
-         75 gr butter
-         250 ml air
-         ¼ sdt garam
-         140 gr tepung, diayak
-         3 telur, dikocok
-         1 L minyak, untuk menggoreng


Untuk taburannya:
-         2 sdm gula castor
-         1 sdm kayu manis bubuk
Untuk topping dip
Chocolate coffee
-         100 gr dark chocolate 40%
-         100 gr coffee powder 20%
-         200 ml whipped cream kotak
-         2 sdm maple sirup

Ginger Cinnamon
-         50 gr ginger powder 10%
-          150 gr cinnamon syrup 50%
Melting chess
-         Keju mozarela / quick melt chess
-         Whipped cream
Untuk peralatan yang digunakan hanya peralatan dapur sederhana :
-         Kompor gas                        -   Gunting
-         Penggorengan                      -   Panci adonan
-         Whipe                                 -   spuit bergerigi
-         Piping bag
Bahan  baku utama











Cara membuat :
1.     Panaskan butterdan air di dalam wajan yang tidak lengket, sampai mendidih. Masukan garam dantepung. Aduk merata sampai semua tercampur menjadi satu adonan. Matikan api masukan telur dan terus aduk sampai adonan tercampur rata lagi dan menjadiadonan yang halus dan kental. Masukan kedalam piping bag dengan menggunakan ujung yang berbentuk bintang.
2.     Panasakan minyak diwajan besar. Sampai mencapai minimal 170 derajat celsius.
3.  Sementara menunggu minyak panas, campur gula dan kayu manis di piring besar. Sisihkan.
4.  Buat topping dip dengan mencamputkan semua bahan, (sama dengan ketiga resep lainnya).
5.     Perlahan keluarkan adonan dengan piping bag sepanjang 10 cm ke dalam minyak panas. Goreng selama 1-2 menit setiap sisinya. Angkat dan tiriskan.
6.     Baluri Churros dengan gula dan kayu manis di piring selagi masih hangat.
7.     Hidangkan dengan topping dip
  

Tahap produksi


Aspek Keuangan
Proyeksi Keuangan
a. Sumber pendanaan
Uraian
Persentase (%)
Jumlah
Modal
Bank
(c = a + b)
1. Modal Sendiri
Rp. 200.000

Rp. 200.000
2. Pinjaman
Rp. 200.000
Rp.500.000
Rp. 700.000
Jumlah (1+2)
Rp. 400.000 
Rp.500.000
Rp. 900.000




  
    b.     Kebutuhan pembiayaan/modal investasi
Uraian
Banyaknya
Harga/Unit
Jumlah
(1)
(2)
(3 = 1 x 2)
a. kompor+gas
1
Rp. 300.000
Rp. 300.000
b. perlengkapan dapur   lainnya
1

Rp. 200.000

Rp. 200.000

c.penggorengan



Rp. 75.000

Rp.   75.000
d.bahan baku



   Tepung terigu
1kg
Rp. 16.000
Rp.   16.000
   Telur ayam
1kg
Rp. 20.000
Rp.   20.000
   Mentega
3 buah
Rp.   4.000
Rp.   12.000
   Kayu manis dan gula
1 kg
Rp. 12.000
Rp.   12.000
   Dark coklat
2 batang
Rp.   8.000
Rp.   16.000
   Lain-lain

Rp. 50.000
Rp.   50.000
Jumlah


Rp. 701.000


Penutup
Kesimpulan
Menurut kami usaha ini mempunyai prospek yang baik, karena sebagaimana kita telah ketahui bahwa bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang sangat fleksible, dan saya sangat optimis bisnis makanan kudapan Churros ini dapat menjadi makanan yang sangat di gemari, karena di negara asalnya spanyol Churros sangat di gemari oleh para pelanggan nya disana, dan bukan hanya di spanyol saja Churros juga sangat di kenal sampai ke Italia, Jerman dan Meksiko, dan di Amerika serikat makanan kudapan Churros ini menjadi makanan sarapan favorit anak-anak kedua setelah sereal. Oleh sebab itu kami yakin usaha kami akan berkembang dan memperoleh profitabilitas yang dinamis.

1 comment:

  1. nice short business plan, 7P biasa digunakan untuk service industry. kalau bukan service gunakan 4Ps saja

    ReplyDelete