Pendahuluan
Bisnis yang saya rencanakan
adalah bisnis yang bergerak di bidang kuliner yang target sasaran pasarnya
adalah masyarakat yang sibuk atas kegiatan sehari-harinya, yang sering sekali
tidak mempunyai waktu untuk menyempatkan untuk hanya sekedar sarapan maupun
makan siang di sela-sela kesibukannya, masalah tersebut sering sekali di alami
oleh para pekerja kantoran dan juga terutama para mahasiswa dan pelajar, hal
tersebut memberikan saya satu ide bisnis yang yang bergerak di bidang kuliner
tersebut, karena bisnis di bidang kuliner merupakan bidang yang sangat
fleksibel.
Churros adalah makanan kudapan khas warga spanyol
yang biasanya dijajakan oleh penjual kaki lima disana, kudapan churros tersebut
di negara asalnya sangat terkenal dari jaman dulu, makanan yang dinegara
asalnya dijual dengan gerobak dan penjualnya biasanya sudah berumur 40-50
tahunan ini sangat digemari dan menjadi makanan kudapan yang sering di cari
oleh para mahasiswa yang sangat sibuk dalam kegiatannya dan menjadi pengganjal
perut sebelum waktu makan siang tiba.
Bisnis tersebut
saya namakan “ChurChol”, churros
yang nantinya dapat dinikmati dengan saus toping yang dinikmati dengan di
cocol, Churros ini masih bisnis home industry tetapi tidak menutup
kemungkinan untuk menjadi sebuah bisnis yang lebih besar dan maju kelak. Sebab,
prospek untuk bisnis ini cukup bagus dan terus berkembang. Dan selain target sasaran
pasar yang difokuskan kepada para pekerja kantoran maupun mahasiswa dan pelajar,
Churros juga dapat dikonsumsi oleh para pencinta kuliner yang ada di wilayah
bandung khususnya.
Visi
·
Mengenalkan makanan kudapan tradisional warga spanyol tersebut
kepada masyarakat Indonesia terutama kepada masyarakat di Bandung khususnya.
·
Meningkatkan market
share dan jumlah konsumen yang didapat dari berwirausaha.
·
Menjadikan Churros sebagai makanan kudapan yang dapat
diterima dan dikonsumsi bagi masyarakat di indonesia terutama di daerah
bandung.
Misi
·
Memberikan pelayanan kepada pelanggang, baik melalui rasa
maupun terhadap pelayanan yang kami berikan.
·
Mengembangkan inovasi-inovasi baik dalam produk maupun
tempat yang nyaman.
Aspek Pemasaran
Gambaran Umum Pasar
Bila dilihat dari menurut aspek pemasaran, gambaran
bisnis makanan kudapan ChurChol ini
dibagi menjadi tiga strategi, yaitu menurut Segmentasinya, Target pasarnya, dan
juga Posisi pasarnya.
·
Segmentasi Pasar
Bila dilihat dari segmentasi pasarnya,
usaha kudapan ChurChol ini dapat
dimasukkan kedalam pengelompokan pasar bagi kalangan menengah dan menengah ke
atas yang mempunyai banyak kesibukan dan tidak ada waktu hanya untuk sekedar
sarapan, dan juga bagi para pencinta kuliner yang senang mencari makanan-makanan
yang enak dan juga unik, dan saya akan memfokuskan untuk masyarakat di daerah
bandung terutama bagi kalangan remaja bandung.
·
Target Pasar
Sasaran atau target pasar yang akan
saya fokuskan adalah kepada para pekerja kantoran serta khususnya kepada
mahasiswa dan juga para pelajar di kota bandung.
·
Posisi Pasar
Untuk posisi pasarnya, saya
mengharapkan dapat menjadikan usaha ChurChol
sebagai pemimpin pasar karena
dengan peluang yang kami punya yaitu loose
competitors atau kompetitor yang masih sedikit dapat membantu kami dalam
memimpin pasar serta meramaikan pasar kuliner di wilayah kota Bandung umum nya
seluruh Indonesia.
Strategi Pemasaran
Perusahaan dan Pesaing
Strategi saya yang dilakukan berdasarkan analisis 7P
yaitu:
·
Product
Karena produk saya adalah makanan
kudapan yang siap saji, jadi saya akan lebih mengutamakan makanan yang steril
dan dengan bahan-bahan yang berkualitas, bila dari kemasan saya akan memakai tempat
makanan yang sangat ramah lingkungan, maksudnya saya akan meminimalkan
penggunaan plastik/kresek, dari segi ukurannya saya akan bagi ukurannya menjadi
dua bagian ukuran Churros, bila Churros yang ukurannya besar, topping nya akan
saya isi di bagian dalam juga, bila ukuran kecil, topping nya akan ada terpisah
yang dapat dinikmati dengan di cocol.
·
Price
Dari harganya saya akan mematok harga
yang relatif ekonomis, untuk Churros dengan ukuran besar akan saya berikan
harga Rp.6000/psc dan untuk yang ukuran kecil akan saya berikan harga
Rp.1500/pcs, semua sudah termasuk dengan saus.
·
Promotion
Promosi yang akan saya gunakan untuk
menarik pelanggan pada saat pertama kali membuka usaha yaitu dengan membuka
stand/booth di expo-expo kampus, acara-acara sekolah, atau acara foodfest, lalu
jika sudah ada perkembangan dalam segi pembelian, pemasaran akan dilakukan
lewat media Internet seperti Twitter,
Facebook dan juga kami akan membuat Website
resmi kami sendiri.
·
Placement
Pada penempatan tempat usahanya, saya
akan memulai menempatkan tempat bisnis pada booth-booth kecil yang di
acara-acara selanjutnya saya akan membuat tempat permanent nya di daerah Jln
Dipatiukur bandung
·
People
Tenaga kerja yang ada di tempat booth ChurChol pada awalnya terdiri dari
empat orang, yang mka terdiri dari orang-orang yang sudah mahir membuat Churros
yang resep nya telah saya peroleh dari juru pastry yang mahir membuat Churros
·
Process
Untuk masalah proses nya, tema booth
kami nanti adalah open kitchen, jadi para pengunjung dapat malihat secara
langsung proses pembuatan Churros tersebut jadi para pengunjung dapat memesan
Churros yang mereka pesan secara langsung dan langsung kami buat kan untuk
pengunjung, jadi secara tidak langsung para pengunjung dengan sendirinya dapat
menilai proses dan produk kami.
·
Physical Evidence
Kami akan mengutamakan pelayanan kepada
pelanggan karena itu hal yang terpenting, karena pelayanan lah para pengunjung
dapat menjadi loyal kepada kita, selain itu kebersihan booth akan mempengaruhi
pelanggan yang datang, jadi dua hal itu adalah yang utama disamping produk yang
baik untuk mempengaruhi loyalitas para pengunjung.
Aspek Organisasi
Dan Manajemen
Aspek Organisasi
Nama Usaha : “De ChurChol”
Nama Pemilik : Satriyo Pinandito Nirwanto Putro
Alamat Tempat Usaha : Jln Cikutra 204 A Bandung
Struktur Organisasi : Terdiri dari satu pemilik booth
yang juga bertindak dalam melayani konsumen, mempunyai 3 karyawan yang bekerja
menyiapkan produk dari mulai pembelian bahan baku, pembuatan adonan, proses
pembuatan Churros, sampai menghidangkan kepada konsumen.
Struktur
Organisasi
![]() |
Perijinan
Untuk masalah
perijinan, karena toko atau tempat usaha kami masih belum berbadan hukum jadi
kami tidak perlu memakai ijin prinsip dari instansi terkait, SITU (Surat Ijin
Tempat Usaha), TDP (tanda Daftar Perusahaan), Akta Pendirian Perusahaan, dll.
Jadi kami hanya memakai surat ijin dari masyarakat dan juga dari RT dan RW
setempat dan juga meminta ijin kepada pihak kampus Universitas Widyatama, dan
perijinan lainnya kami akan meminta ijin sesuai dengan prosedur yang ada di
wilayah usaha di Universitas Widyatama.
Aspek Produksi
Produk
a.
Dimensi Produk
Produk yang saya
canangkan adalah produk makanan atau kudapan yang enak sekaligus dapat
berfungsi sebagai makanan camilan penahan rasa lapar, produk saya ini di bagi
menjadi 2 ukuran dan mempunyai 3 aneka rasa untuk pertama kali keluar, dalam
segi ukuran kami membagi menjadi Churros dengan ukuran besar yang kami patok
harganya Rp.6000,-/pcs dan dengan 3 rasa yaitu rasa topping Chocolate coffee,
Ginger Cinnamons, dan Melting Chess, ketiga topping tersebut kami isi kedalam
Churros tersebut, dan khusus untuk ukuran kecil kami menaburkan sugar powder di
atas Churros tersebut dan dan kami berikan topping 3 rasa tersebut terpisah,
sehingga pelanggan dapat menikmatinya dengan di cocol.
b.
Nilai / Manfaat Produk
Manfaat yang inti dari produk Churros
ini selain sebagai makanan penunda lapar, atau makanan pengganjal perut,
Churros juga memiliki komposisi yang hemat kalori, jadi bagi masyarakat yang
peduli sekali terhadap kesehatannya jangan takut dengan komposisi yang
terkandung di dalam kudapan Churros ini, selain itu di dalam adonan Churros
tersebut dicampur dengan ubi ungu yang kadar karbohidratnya tidak terlalu
tinggi tetapi dapat dengan cepat membuat kita merasa kenyang, jadi “de
ChurChol” ini bukan hanya sekedar kudapan semata, kudapan ChurChol sangat sehat
untuk di konsumsi dan banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya.
Proses Produksi
Cara Membuat
“ChurChol”
Cara membuat
Churros sangat mudah, pertama untu membuat 10 batang Churros yang berukuran
kecil dengan panjang 10cm adalah :
-
75 gr butter
-
250 ml air
-
¼ sdt garam
-
140 gr tepung, diayak
-
3 telur, dikocok
-
1 L minyak, untuk menggoreng
Untuk taburannya:
-
2 sdm gula castor
-
1 sdm kayu manis bubuk
Untuk topping dip
Chocolate coffee
-
100 gr dark chocolate 40%
-
100 gr coffee powder 20%
-
200 ml whipped cream kotak
-
2 sdm maple sirup
Ginger Cinnamon
-
50 gr ginger powder 10%
-
150 gr cinnamon syrup 50%
Melting chess
-
Keju mozarela /
quick melt chess
-
Whipped cream
Untuk peralatan yang digunakan hanya peralatan dapur
sederhana :
-
Kompor gas - Gunting
-
Penggorengan - Panci adonan
-
Whipe - spuit bergerigi
-
Piping bag
Bahan baku utama


Cara membuat :
1.
Panaskan butterdan
air di dalam wajan yang tidak lengket, sampai mendidih. Masukan garam
dantepung. Aduk merata sampai semua tercampur menjadi satu adonan. Matikan api
masukan telur dan terus aduk sampai adonan tercampur rata lagi dan
menjadiadonan yang halus dan kental. Masukan kedalam piping bag dengan menggunakan ujung yang berbentuk bintang.
2.
Panasakan minyak
diwajan besar. Sampai mencapai minimal 170 derajat celsius.
3. Sementara menunggu
minyak panas, campur gula dan kayu manis di piring besar. Sisihkan.
4. Buat topping dip
dengan mencamputkan semua bahan, (sama dengan ketiga resep lainnya).
5.
Perlahan keluarkan
adonan dengan piping bag sepanjang 10 cm ke dalam minyak panas. Goreng selama
1-2 menit setiap sisinya. Angkat dan tiriskan.
6.
Baluri Churros
dengan gula dan kayu manis di piring selagi masih hangat.
7.
Hidangkan dengan
topping dip
Tahap produksi


Aspek Keuangan
Proyeksi Keuangan
a. Sumber pendanaan
Uraian
|
Persentase (%)
|
Jumlah
|
|
Modal
|
Bank
|
(c = a + b)
|
|
1. Modal
Sendiri
|
Rp.
200.000
|
|
Rp.
200.000
|
2.
Pinjaman
|
Rp. 200.000
|
Rp.500.000
|
Rp. 700.000
|
Jumlah
(1+2)
|
Rp. 400.000
|
Rp.500.000
|
Rp. 900.000
|
b.
Kebutuhan
pembiayaan/modal investasi
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
a. kompor+gas
|
1
|
Rp. 300.000
|
Rp. 300.000
|
b. perlengkapan dapur lainnya
|
1
|
Rp. 200.000
|
Rp. 200.000
|
c.penggorengan
|
|
Rp. 75.000
|
Rp. 75.000
|
d.bahan baku
|
|
|
|
Tepung terigu
|
1kg
|
Rp. 16.000
|
Rp. 16.000
|
Telur ayam
|
1kg
|
Rp. 20.000
|
Rp. 20.000
|
Mentega
|
3 buah
|
Rp.
4.000
|
Rp. 12.000
|
Kayu manis dan gula
|
1 kg
|
Rp. 12.000
|
Rp.
12.000
|
Dark coklat
|
2 batang
|
Rp. 8.000
|
Rp.
16.000
|
Lain-lain
|
|
Rp. 50.000
|
Rp. 50.000
|
Jumlah
|
|
|
Rp. 701.000
|
Penutup
Kesimpulan
Menurut kami usaha ini mempunyai prospek yang baik,
karena sebagaimana kita telah ketahui bahwa bisnis kuliner adalah salah satu
jenis usaha yang sangat fleksible, dan saya sangat optimis bisnis makanan
kudapan Churros ini dapat menjadi makanan yang sangat di gemari, karena di
negara asalnya spanyol Churros sangat di gemari oleh para pelanggan nya disana,
dan bukan hanya di spanyol saja Churros juga sangat di kenal sampai ke Italia,
Jerman dan Meksiko, dan di Amerika serikat makanan kudapan Churros ini menjadi
makanan sarapan favorit anak-anak kedua setelah sereal. Oleh sebab itu kami
yakin usaha kami akan berkembang dan memperoleh profitabilitas yang dinamis.








nice short business plan, 7P biasa digunakan untuk service industry. kalau bukan service gunakan 4Ps saja
ReplyDelete